RT/RW Net Mudah atau Murah?

RT/RW Net sebagai salah satu solusi dalam berinternet di Indonesia sungguh merupakan ide yang cukup menarik, terutama dalam segi biaya berlangganan dimana di Indonesia untuk mendapatkan akses internet murah tidaklah mudah.

RT/RW Net merupakan salah satu solusi, tetapi dibalik solusi tersebut masih ada beberapa yang harus dipikirkan. Dipikirkan dari segi pengguna/user maupun pengelolaannya.

Sebenarnya secara prinsip akses yang harus dibayarkan ke ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet adalah sama saja. Hanya saja akses internet yang dipergunakan beramai-ramai dan biayanya ditanggung bersama menjadi lebih murah.

Sebagai contoh bila kita menyewa/berlangganan di salah satu penyedia layanan internet dengan biaya 1 juta/bulan, jika kita pergunakan sendiri ya terasa mahal. Tetapi bila kita share dengan 10 tetangga, biaya yang 1 juta/bulan itu dibagi 10 orang, jadi tiap orang bayar 100 ribu sebulan. Inilah yang dimaksud dengan RT/RW Net. Satu akses dipakai satu RT bahkan satu RW.

Karena RT/RW Net mempunyai prinsip guyub dan ramai-ramai, kendalanya kalau yang diajak beramai-ramai tidak ada, ya wal hasil biayanya tetap sama.

Ada beberapa hal yang harus dipikirkan dalam RT/RW Net ini. Karena ramai-ramai, berarti yang memikirkan solusinya juga harus ramai-ramai.

Kira-kira itu yang dapat disimpulkan sebelum memutuskan apakah RT/RW Net itu murah atau mudah atau menguntungkan..

If you enjoyed this post, please consider to leave a comment or subscribe to the feed and get future articles delivered to your feed reader.

Comments

Untuk RT/RW net 5 orang, biaya langganan Rp. 20 ribu/bulan menurut saya cukup murah. soalnya ini mungkin saja kalo ISPnya pake punya saya. silakan baca infonya disini : http://bengkoang.wordpress.com

Leave a comment

(required)

(required)