Mengajar TIK bagian 2

pagi ini saya mendapat e-mail dari Anastacia, yang isinya :

muhon bantuan bahan mengajar untuk SMP, karna mau mengajar TIK tapi belum pernah mengajar SMP jadi mohon bantuannya.

sebelumnya terimakasih

Ini bagian kedua dari (mungkin) beberapa tulisan menyangkut pertanyaan di atas.
Setelah pada bagian pertama tentang apa yang harus dikuasai, saya tetap tidak akan menjawab secara mendetail, karena terus terang saya tidak hafal silabus TIK untuk SMP :D
Bagian kedua ini menitikberatkan pada bagaimana guru mempersiapkan bahan ajar TIK.

Untuk mempersiapkan bahan mengajar, guru setidaknya mempunyai minimal 2 set buku paket pelajaran TIK yang materinya bagus. Ini berfungsi untuk meng-compare materi buku satu terhadap buku lainnya.
Disamping itu guru juga harus mempunyai beberapa buku literature tentang apa yang diajarkan tersebut?
Nggak punya uang? Itu masalah utama guru :D ..
Usahakan ngerayu sekolah untuk melengkapi isi perpustakaan dengan buku-buku literature tentang TIK.
Tetapi kalau saya, saya lebih memilih memiliki koleksi buku sendiri. Mengapa? Buku buku kita sendiri bisa kita pakai kapan saja kita butuh.. karena saya terbiasa menyiapkan materi untuk keesokan harinya di malam hari sebelum tidur.. menunjang insomnia :D
Maklum juga.. pagi sampai siang ngajar di sekolah dan sore sampai malam jadi tentor di beberapa institusi.. kalau enggak, bulanannya nggak kuku.. dan malamnya baru mempersiapkan untuk keesokan harinya :D kok jadi curhat..

Saya lebih banyak menggunakan literature dari buku-buku dengan klasifikasi ‘untuk tingkat mahir’ dan buku-buku pendidikan TIK yang berasal dari Filipina.
Buku-buku tingkat mahir untuk memperdalam apa yang bisa dilakukan oleh hardware atau software lebih detail lagi. Sedangkan buku-buku Filipina saya lebih saya gunakan untuk inovasi dari soal-soal latihan yang lebih step by step.

Setelah buku-buku siap, yang dilakukan berikutnya adalah membuat pengembangan silabus yang telah ada. Compare dan lengkapi silabus yang sudah ada dengan tambahan-tambahan dari literature koleksi kita. Hati-hati, jangan sampai silabus membengkak dan tidak sesuai dengan durasi belajar mengajar yang sudah direncanakan.

Tahap kedua selesai…!!

If you enjoyed this post, please consider to leave a comment or subscribe to the feed and get future articles delivered to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)