fastncheap.com makin kacau?

trimartono1

posting ini merupakan isi email saya kepada fastncheap, setelah beberapa kali saya coba memberi komentar pada fasilitas di http://www.fastncheap.com tetapi tidak berhasil dan akhirnya saya kirim ke cs@fastncheap.com

mudah-mudahan cepat mendapat tanggapan

f&c makin kacau?

tidak seperti biasanya saya belanja di f&c teuku umar denpasar mendapatkan harga yang berbeda dengan di web.

saya beli flashdisk kingston 4gb jumat malam tanggal 26 september 2008 ( http://www.fastncheap.com/detail.php?barcode=002000K0014830 )

* harga di web 126.800 harga yang harus saya bayar 145.000, penjaga counter mengatakan bahwa memang ada perbedaan harga di web dan harga outlet.
* bukti pembayaran biasanya berupa print dari komputer, kali ini ditulis tangan dengan nomer nota 0003514 dengan perincian tuan/toko trimartono – denpasar, banyaknya 1, nama barang kingston 4gb data traveller 100, harga 14830, jumlah 145.000, total 145.000. padahal yang saya beli adalah kingston 4gb data traveler 101 usb 2.0 .
* tanggal pembelian 26/9/08 ditulis tanggal 26/7/08
* pada saat membeli, kondisi bagian belakang packing sudah terbuka, karena saya butuh warna biru, maka tetap saya ambil. saya baru sadar setiba di rumah, biasanya kalau saya beli fd kingston akan mendapat tali penggantung kecil, tetapi kali ini tidak ada di dalam paking.
* pada saat pembelian, penjaga counter sudah menunjukkan besar volume fd tersebut, di rumah, malam itu saya coba isi fd tersebut dengan sekitar 125mb terjadi error, baru masuk sekitar 86mb fd tidak terdeteksi di komputer, setelah saya cabut dan pasang lagi baru terdeteksi, saya coba lagi mengisi dengan cara menimpa data yang sudah ada sebanyak 3 kali terjadi hal yang sama. kemudian saya hapus, ternyata tidak semua file bisa terhapus dan ada pesan error dan fd kembali tidak terdeteksi.
* akhirnya saya coba format ulang, baru fd tersebut bisa diisi kembali dengan normal dan sudah saya coba mengisi hingga tersisa 3.5mb tidak bermasalah.
* setelah itu saya perhatikan lagi, ternyata segel di fd terebut tertanggal 25-09-08 biasanya segel dipasang di kasir sesaat sebelum tanda terima dicetak di kasir. saat itu agak ramai karena ada konsumen lain dan ada yang sedang komplin dengan laptop yang dibelinya, perhatian saya tertuju pada komplin laptop tersebut sehingga tidak memperhatikan proses pemasangan segel apakah segel memang sudah terpasang sebelumnya atau belum.

pertanyaan saya,

* kenapa servis yang saya terima kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya?
* apakah fd saya dapat dijamin kualitasnya dan ke’baru’annya? melihat kejadian di atas mengingat paking sudah terbuka dan tanggal segel tidak sesuai dengan tanggal pembelian, bisa jadi barang yang saya terima adalah barang reject atau kembalian dari konsumen lain.

jumat malam tersebut pada saat mencoba di rumah saya sudah berusaha untuk komplin melalui web, tetapi web tidak bisa diakses.

betul, saya melakukan kesalahan dengan tidak teliti saat berbelanja, karena selama ini saya percaya akan servis f&c. tapi sekarang ini menjadi catatan pada diri saya bahwa servis tidak selamanya sempurna, kepercayaan tidak selamanya bisa diandalkan.

mohon tanggapan dari pihak f&c

terimakasih.

If you enjoyed this post, please consider to leave a comment or subscribe to the feed and get future articles delivered to your feed reader.

Comments

hehe.. fast n cheap memang sialan…

tapi untungnya saya terselamatkan oleh ketidak profesialan mereka!!!

waktu itu saya ingin membeli sebuah tablet pc seharga 13 juta merk toshiba ( yang akhirnya gak jadi beli karena udah males..)

saya waktu itu tertarik dengan tablet pc tersebut karena harga di pasaran waktu itu masih sekitar 14 juta, sedangkan fastncheap menawarkan di websitenya hanya sekitar 13 jutaan saja.

karena tertarik maka saya pesan by telpon… beberapa kali saya datang jauh2 dari pasuruan ke malang, tapi beberapa kali juga mereka bilang barang belum ada..
sampai kesekian kalinya akhirnya mereka menjanjikan barang ada dan saya harap datang besoknya..
eh… besoknya saya datang jauh2 sampe kehujanan.. ternyata fastn cheap tutup… ( padahal bukan hari libur )
akhirnya saya kesal dan saya telpon mas yang janjian dengan saya kemarin tetapi nggak diangkat..

karena kesal, akhirnya batal deh beli tablet pc tersebut..

tapi by the way saya bersyukur gak jadi beli di fastncheap.. karena saya dengar fastncheap sering bikin kesal pelanggannya ya..??!!

fastncheap membalas email saya 3 hari kemudian, hanya berisikan permintaan maaf atas ketidaknyaman tanpa ada tindak lanjutnya…

“Selamat siang,

Terima kasih atas email dari Bpk.Trimartono, mengenai masalah ini akan coba kami crosscheckkan dengan cabang kami di Denpasar.
Kami Mohon maaf atas ketidaknyamanan bapak berbelanja di Fastncheap.

Regard,
Fatncheap”

hanya begitu saja…

hari itu saya tanggapi langsung, kebetulan sedang online..

“terimakasih atas balasannya
hasil crosscheck dan tindaklanjutnya terhadap point-point yang saya utarakan sebelumnya agar dapat diinformasikan kembali,
hal ini saya harapkan agar kepercayaan pelanggan masih tetap ada, karena banyak hal yang tidak wajar yang baru pertama kali ini saya dapatkan sejak menjadi konsumen f&c selama beberapa tahun terakhir.
kabar selanjutnya ditunggu, terimakasih.

trimartono”

sampai sekarang… 30 hari kemudian tidak ada tanggapan sama sekali…
hilanglah salah satu konsumen fastncheap teuku umar denpasar… (yaitu saya)… karena tidak puas dengan layanan…
sampai sekarang flashdik itu tidak terpakai, karena error yang sama terus terjadi bila digunakan

yah resiko… :(

saya juga pernah, hari sabtu yang lalu saya mau beli modem usb, beda harga di web dan di toko sampai sebesar 250rban! krn saya merasa ditipu, selain harga yg berbeda, juga saya lihat di modem tersebut sudah banyak terpasang tempelan (sekitar 4 tempelan), yang mirip dengan tempelan garansi fastncheap tapi sepertinya dari toko yang berbeda. jadi saya curiga, jangan2 fastncheap membeli barang tersebut dari toko lain yang memang sudah sempat rusak kemudian diperbaiki. hiiiyy saya jadi takut belanja disana lagi, masa beli mahal2 dapetnya barang bekas yang sempat rusak….
duh coba bhinneka/rakitan bikin cabang disini ya?
ada yang punya info tempat beli barang2 komputer gk?
selain rimo tentunya (rimo lebih gila dripada fastncheap)!

Kalo ternyata fastncheap aja udah ga profesional…
kemana lg harus nyari barang yg berkualitas?
Slama ini saya masih percaya F&C… Setelah saya ga percaya Rimo lagi…

fastncheap diperlukan list harganya aja sekarang..
abiz buka webnya n liat harganya, langsung cabut ke rimo.. harga di fastncheap untuk modal nawar di rimo… hehhehehhe

btw, kalo ke rimo saya jarang belanja yang di lantai bawah karena harga penawaran awalnya jauh lebih mahal… jadi harus lebih ngotot nawar… maklum mereka bayar kaplingnya kan jauh lebih mahal dibanding yang di atas, jadi perlu profit yang lebih tinggi…

Masak sih fastncheap kayak gitu, masalahnya saya jg sering belanja disana, Tp Alhamdulillah pelayanan yang saya dapatkan masih baik

Yah……..namanya aja manusia broooooo………jangan salahin tokonya… yang namanya barang elektronik tuh susah ditebak,meskipun aku ga tahu dimana tuh posisinya f&c atw RIMO bukannya belain nech…ya…buat kmu2 yg rasain kecewa atw yang lagi mau beli alat2 komputer….pastiin klo barang yg kmu beli tuh punya garansi resmi alias bukan BM and pack barangnya jangan kmu buang…coz ufd Kingston tuh pnya garansi 5thn,jadi kmu tinggal cari aje distributor resmi kingston didaerah kmu dijamin bisa digaransiin…….soal harga yang beda tuh mungkin karena kemarin kan kurs usd emg lg ga stabil…….gw aja mau belanja komputer jadi stresssssss , tapi sekarang yah puji Tuhan harga dah mulai turun keliatan banget dharga printer and perangkat keras computer…..mgkn utk aksesories belum bgitu seh…coz kursnya msh berkisar 11ribuan gtu…….so buat kmu yang mau belanja barang baru.jangan lupa cek kursnya and tanggal berapa pricelist terakhir diupdate…..ockressss……..jadi ga usah stresss belanja komputer…intinya jangan cari murahnya,tapi pastiin barang yang kmu beli tuh resmi…..

masalahnya… sekian tahun saya keluar masuk fastncheap.. makin lama memang makin turun…
jenis barang di outlet teuku umar denpasar tidak selengkap dulu..
karyawan yang berganti…
karyawan yang sudah tidak seramah dulu… dulu, sama karyawan kita masi bisa ngobrol n diskusi tentang produknya.. sekarang dah enggak..
ya, terakhir ini malah prosedur baku yang biasa dilakukan malah gak dilakukan sama sekali…
eh.. ada komplin sama cs-nya jawabannya cuma gitu aja…

di situs/disclaimer-nya ada keterangan “harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan” ngga?

masalah packing yg terbuka sptnya dimana2 jg hampir sama utk produk sejenis..toh garansi berlaku sekian tahun

tp saya ngga pernah belanja di toko tsb :)

hahaha..lebih lucu lagi yg tjd pd saya…

Yg saya tau, kebanyakan barang di F&C SBY pusat (Manyar) adalah2 barang2 hand packet dari US. Biasanya warrantynya adalah toko f&c dan bukan resmi distributor ID.

Pernah saya dahulu coba membeli harddisk mxtr dgn speed 5400 rpm……eeeehhh……gak taunya malah dikasih yang 7200rpm (label+already tested by sisoft sandra – lucky nih yeeee- dengan price 5400 rpm. Saya sih diam2 aja..lha wong di printout tetap tertera 5400 rpm..dan harganya cuma beda dikit dengan toko lain yang jual 5400rpm hehehe….wiraniaganya tionghoa and agak montok tapi mukanya cantik bgt cuman agak ketus…hehehe..mungkin karena saya perhatiin terus jadi tengsin dia kali yeee……hihihi….
Sekadar tau kalo ditoko lain yg speed 7200rpm malah kena sekitar 60% lebih mahal…

Yang kedua beli memory pc2100 malah dapat pc2700 dengan price pc2100 (compare to another shop.

Yang ketiga beli DVD-RW pioneer black. Dari research saya di internet, saya putuskan beli yang berkode XC karena yang berkode XL lebih murah dan ada perbedaan pada software supportnya (nero professional version). Tetapi lagi2 dasar wiraniaga yg mayoritas Tionghoa tsb tak mengerti yang dijual sehingga sekali lagi saya mendapat price yang diskon!…hehehe…..

Sampai sekarang saya tak pernah kapok beli di f&c karena purchasing maupun marketingnya benar2 gak tau menghitung profit. Yah memang sih mereka tetap profit tapi tetaplah harga barang mereka lebih murah dibanding toko lain (yg lebih mengerti)..hahaha…..

mencuri itu dosa tapi dikasih tidak dosa.
pengetahuan barang sangat penting bagi wiraniaga apalagi kalo yang punya toko lagi keluar kantor bisa2 ditipu abis2an ama pembeli yg smart.

Pasar atum Surabaya tempat latihan membeli secara Smart.

Smart n clever/briliant is different.

waw.. ak baru tau kalo di rimo jelek. mank sejelek apa ya?

@cc : ya, beberapa item barang refurbish…
@funkyasa : bukan di rimo… tapi di fast and cheap jl teuku umar… kalau di rimo sih biasa biasa aja, yang penting tau harga dan pinter nawar..

Dear pak Trimartono, setelah membaca keluhan bapak; saya memutuskan untuk tidak jadi membeli barang barang dari f&c.

Saya menjadi konsultan beberapa perusahaan yang baru dibuka di Bali, dan saat ini sedang mencari source untuk perangkat komputer dan LAN. Total budget yang dialikasikan sebesar 1,3 M.

Terima kasih atas informasinya pak! Hal ini sangat membantu saya untuk membuat keputusan.

@GDW : yah tulisan saya hanya uneg uneg yang enggak tersalurkan… makanya nulisnya di blog, bukan di mailing list…. hehehhehe..

gw jg beli laptop acer di fast n cheap malang, kira2 setahun lalu.. secar gw masih awam laptop eh ternyata pas beberapa minggu gw pakai, laptop acernya layarnya ketap2 ketip g jelas, slain itu tombol keyboardnya pas baru pertama gw beli koq bekas daki ya, alias bekas dipake orang. kan kalo bener2 barang baru ga mungkin kayak gitu kan. selain itu yg lebh parah pas gw liat kerdusnya eh ternyata kerdus yang segelnya hbis dibuka (kyaknya ke dua kalinya soalnya ada bekas stiker).
emang gw yg salah kaga ngecek tuh barang.. sialan!

akhirnya setahun gw pake acer, eh tombol pwernya ngadat, lngsung aja gw inisiatif sendiri bawa laptop acer yg gw beli di fasncheap tuh ke acer point resmi di malang, tp yang bikin gw kaget, pihak acer ga mau nerima laptop acer gw kareng “BLACK MARKET” alis barang ga berserial number resmi acer Indonesia..
Anjrit!!!

sejak saat itu gw sumpah ga mau beli lagi di fastncheap..!!!!

iya, kualitas pelayanan fastncheap memang menurun. pertama kali saya belanja , yaitu saya membeli modem huawei e220. barangnya 3 hari udah sampai, dan bagus. kedua kali saya belanja, saya sangat kecewa. saya membeli mouse microsoft & tas laptop, setelah saya tunggu 1 minggu barang tersebut tidak sampai2. begitu saya email fastncheap, mereka minta maaf dan memberitahu saya bahwa barang belum dikirim & mouse microsoft yg saya pesan kemasannya agak rusak, ya saya bilang gak apa2 hanya kemasan saja. saya tetap beli. menunggu dan menunggu barang yg tidak kunjung sampai, akhirnya saya telpon ke fastncheap, bla bla bla saya tanya, mereka bilang ok & mau hubungi saya secepatnya. Berhari-hari saya tunggu2 idak ada kabar juga, akhirnya saya telpon kesana juga tidak diangkat-angkat. Saya pasrahkan saja uang yang sudah saya bayar sebesar 500rb rupiah. saya bener2 kapok belanja disana

Benar,
Fastncheap menyebalkan…
Saya order beli USB TV, ternyata remotenya tidak bisa digunakan….
Kemudian saya kembalikan, tidak langsung diganti padahal memang barangnya yang dikirim kualitasnya “bosok” (rusak).

Apakah tidak ada QA, sebelum barang di pack dan dikirim ?
Mending kalau lokasinya dekat, kalau pembeliannya lintas pulau kan yang rugi customernya….
KAPOK BELI DI FASTNCHEAP…..

Fastncheap memang semprul.. duit kembalian saya 850rb blom ditransfer dah dua minggu, gimana ini… apa sebaiknya dilaporkan polisi saja..

sbg pelanggan fastncheap memang saya rasakan udah jauh beda pelayanannya, malah kalo beli barang nota pembelian pake nota biasa di tulis tangan untuk F&C yg ada di marlboro denpasar. kesannya kayak beli di emper2 jalan aja… manajemen nya payah kayaknya.

Leave a comment

(required)

(required)