A Good Product Will Market Itself

trimartono sayKata-kata di atas disampaikan oleh @rampok di pertemuan ke-5 Komunitas StartUp dan Developer Jogja Bancakan 2.0 tanggal 30 Juli 2010 di Gedung Plaza Telkom Yogyakarta.

Tulisan ini adalah versi saya yang saya artikan dan bahas secara luas, tidak ada kaitannya dengan materi yang disampaikan oleh @rampok.

A Good Product Will Market Itself, pesan yang ingin disampaikan di sini adalah menciptakan produk yang sebaik-baiknya untuk mengurangi biaya pemasaran.

Sebagai pemula dalam ‘berbisnis’ di dunia maya (termasuk dunia nyata) entah itu produk jasa ataupun bukan, hasil akhir sebuah produk harus dibuat sebaik mungkin. Kenapa? Karena dengan produk yang sudah dikenal baik dan berkualitas akan menjadikan produk itu sebuah brand tersendiri. Dengan brand image yang baik serta terkenal, biaya pemasaran dapat berkurang karena konsumen sudah akan datang dengan sendirinya.

Sebagai contoh. Di dunia maya (menurut saya) Google sudah tidak perlu beriklan lagi, Google hanya perlu berinovasi untuk membesarkan brandnya. Kenapa tidak perlu beriklan lagi? Ya, secara tidak sadar brand Google sudah tertanam di jiwa hampir semua pengguna internet. Kata-kata “Coba tanya mbah Gugel”, “Gugling aja”, “Coba cari di Gugel Map” dan sebagainya dan sebagainya yang secara tidak sadar sudah menjadi bahasa kita sehari-hari.

Sekarang bagaimana dengan kita sebagai StartUp? Sebagai pemula? Konsep di atas itu yang harus kita pikirkan dan kerjakan, bagaimana membuat produk sebagai brand image atau bagaimana membuat nama sebagai brand image. Yang perlu diingat lagi adalah proses untuk menjadikan brand image itu tidak bisa seketika tetapi memerlukan waktu.

Jadi yang perlu diingat adalah “sebuah produk yang baik akan memasarkan dirinya sendiri (tanpa perlu repot memasarkan).”

If you enjoyed this post, please consider to leave a comment or subscribe to the feed and get future articles delivered to your feed reader.

Comments

Sending congratulations from HK Although thngis didn’t worked out as I hoped they would, I am re-routing and continue to seek my passion and hopefully one day it will lead me back to Taiwan next year.I can’t agree with you more on the note that people don’t need charity, people just need chance. Sometimes a chance is all a person needs for them to take flight in starting something great.Wishing you all the best and hope I will be able to have the opportunity in engaging another inspiring conversation with you.Have a wonderful Merry Christmas and Happy New Year!Warmest Regards,Serena

You have the monopoly on useful information-aren’t monopolies illegal? ;)

Leave a comment

(required)

(required)